Tuesday, November 16, 2010

Modifikasi Fungsi IF (Tunggal)

Pada postingan kali ini, saya masih menggunakan fungsi IF tapi dengan sedikit modifikasi. Pada contoh-contoh sebelumnya kita memasukkan nilai jika benar maupun salah secara manual. Hal ini mungkin tidak akan jadi masalah ketika jumlah data (data set) yang kita miliki masih terbatas atau tidak banyak. Namun, kita akan mengalami kesulitan seandainya jumlah data yang ada mencapai ratusan atau bahkan ribuan.
Jika jumlah data sangat banyak dan terjadi perubahan pada prasyarat maupun pernyataan hasil, maka kita akan kerepotan melakukan penyesuaian. Sedikit perubahan pada prasyarat maupun nilai/pernyataan hasil mengharuskan kita untuk mengubahnya satu per satu. Tentunya bukan pekerjaan yang efisien, bukan?
Nah, hal ini akan dapat diatasi seandainya kita menggunakan sel rujukan. Sehingga perubahan cukup kita lakukan pada sel rujukan, dan secara otomatis blok sel hasil akan menyesuaikan dengan perubahan di sel rujukan.

Untuk mudahnya, mari kita andaikan kita memiliki data nilai mahasiswa sebanyak 500 orang. Kita sudah melakukan input nilai hasil ujiannya, dan dosen pengampu menyatakan bahwa nilai minimal kelulusan adalah 55. Dengan mudah kita dapat mengaplikasikan fungsi IF sederhana sebagaimana contoh sebelumnya. Cukup bikin satu fungsi IF dan copy-kan kebawah sebanyak 500 sel. Tidak sampai satu jam kita sudah bisa menyajikan hasilnya, berapa banyak mahasiswa yang Lulus dan yang harus Mengulang.

Mendadak, sehari sebelum pengumuman, dosen tersebut mengubah keputusannya. Bahwa nilai minimal kelulusan dinaikkan menjadi 60 dan keterangannya adalah Lulus dan Tidak Lulus. Bayangkan jika kita harus mengubahnya secara manual sebanyak 500 data...wah, mata bisa jadi keriting, tuch... hehehe.. :-)

Untungnya kita telah memanfaatkan sel referensi, sehingga perubahan tersebut dapat kita penuhi dalam waktu singkat...nggak sampai 5 menit, dech...




Penjelasan Gambar:
Kolom B adalah Nomor Urut
Kolom C adalah Nama Mahasiswa
Kolom D adalah Nilai Ujian
Kolom E adalah Hasil Ujian
=IF(D12>=$J$2, $L$11, $L$12)
Karena kita hanya akan membuat satu fungsi dan kita copy-kan ke bawah, maka sel-sel rujukan kita berikan harga mutlak yaitu diberikan tanda $ (contoh: $J$2) sehingga baik kolom J maupun baris nomor 2 tidak akan berubah saat kita copy-kan ke bawah.
Sehingga dengan menggunakan sel referensi tersebut, perubahan cukup kita lakukan di sel referensi, yaitu di drop-down sel J2 untuk perubahan Nilai Minimal Kelulusan dan sel L11 dan L12 untuk Kriteria Kelulusan.



Catatan:
Untuk membuat drop-down Nilai Minimal Kelulusan, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Kita buat dulu Nilai Pilihan Prasyarat, yaitu di sel L2 - L9
  2. Letakkan cursor di sel tujuan, yaitu sel J2
  3. Pilih Tab Data (di bagian atas Jendela Excel), klik Data Validation dan pilih Data Validation...
Dan di jendela Data Validation kita isikan Allow: pilih List, berikan tanda check pada Ignore Blank dan In-dell drop-down. Source: $L$3:$L$9. OK

Dah jadi, dech... selanjutnya kita tinggal mengubah-ubah data di tabel rujukan dan otomatis tabel hasil akan menyesuaikan perubahan nilainya. Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment