Sunday, March 6, 2011

Simulasi dengan Tombol Combo

Hal yang kadang kala kita jumpai dalam oleh data menggunakan MS Excel diantaranya adalah untuk melakukan simulasi data. Terdapat sekumpulan data yang terdiri dari beberapa set, kemudian kita diminta untuk melakukan simulasi skenario. Bagaimana hasilnya jika input diubah-ubah, tentunya akan mempengaruhi outputnya.

Semisal, kita diminta untuk menunjukkan hasil jika kita akan melakukan pengumpulan massa di tiga kota berbeda dengan ketentuan biayanya masing-masing. Bagaimana jika pertemuan massal tersebut dilakukan di Jakarta, Bandung dan Medan. Mana yang lebih efisien dari segi biayanya?

Berikut adalah contohnya:
Sebagaimana terlihat pada screenshoot di atas, kita dapat menggunakan fasilitas Developer untuk membuat pilihan tombol radio (combo). Jika kita pilih pilihan Jakarta, hasil perhitungannya akan langsung terlihat di sel G22. Demikian pula jika kita ganti pilihannya ke Bandung maupun Medan.

Langkahnya pada dasarnya terdiri dari tiga tahapan, yang pertama adalah pembuatan tombol radio (pilihan Jakarta, Bandung, Medan) dan langkah kedua adalah menyusun rumus/fungsi IF, serta langkah terakhir adalah membuat rumus SUM.

Langkah pertama pembuatan tombol radio dapat kita lakukan dengan mengklik ribbon/menu Developer, pilih Insert dan memilih dan menyeret/drag Option Button ke sel B3 lalu copy-kan ke B4 dan B5. Lalu namai masing-masing button tersebut dengan Jakarta, Bandung, dan Medan.

Langkah berikutnya adalah menuliskan fungsi IF sebagai berikut:
=IF($C$8=$C$3,HLOOKUP(D9,$D$2:$I$5,2,FALSE),IF($C$8=$C$4,HLOOKUP(D9,$D$2:$I$5,3,FALSE),HLOOKUP(D9,$D$2:$I$5,4,FALSE)))
Lalu copy-kan fungsi tersebut ke sel-sel berikutnya.

Langkah terakhir adalah menjumlah (fungsi SUM) dan merapikan tampilannya.
Silakan Anda ubah-ubah pilihannya dari Jakarta, Bandung maupun Medan, hasilnya akan langsung berubah.

No comments:

Post a Comment